Mau Bertanya Nggak Sesat DI Yogyakarta

IMG_7708Tinggal menghitung hari maka kalender yang menggantung di dinding rumah anda akan berganti angka tahun, dari 2015 menjadi 2016. Ya, sebentar lagi akan ada pesta perayaan tahun baru di tiap Penjuru Dunia. Salah satu Kota yang menjadi destinasi perayaan tahun baru di Indonesia tentu saja Kota Pelajar Yogyakarta.

Sebagai wisatawan tentunya masih ada beberapa informasi yang belum diketahui dari kota Yogyakarta ini, asalkan mau bertanya nggak sesat di jalan #ASKBNI. Setidaknya ada dua hal yang harus anda tahu sebelum bertanya di Yogyakarta. Hal pertama yang harus anda tahu adalah arah mata angin. Penduduk Yogyakarta biasa menunjukan arah jalan dengan arah mata angin. Hal kedua adalah “bangjo”. Eits… anda salah kalau mengira bangjo ini adalah nama orang. Bangjo adalah singkatan dari abang-ijo. Abang adalah warna merah dan ijo adalah warna hijau. Jadi bangjo ini adalah sebutan untuk lampu lalulintas dalam bahasa jawa.

“bangjo pertama terus ke-barat, bangjo kedua belok ke-utara sekitar 100 m sudah sampai, tempatnya timur jalan”.

Itulah kira-kira informasi yang akan anda dengar jika menanyakan tempat di Yogyakarta. Untuk patokan arah mata angin saya sendiri melihat lokasi Gg Merapi untuk Arah Utara, Pantai untuk Arah Selatan, Kota Solo untuk Arah Timur dan Kulonprogo untuk Arah Barat.

Nah kalau sudah tahu arah mata angin, dan anda sudah bertanya maka anda nggak akan sesat di jalan.

20 pemikiran pada “Mau Bertanya Nggak Sesat DI Yogyakarta

  1. Sebuah Tulisan yang cukup menginformasi, kepada siapa saja yang ingin tau informasi tentang, bagaimana agar tidak sesat dan tersesatkan bila akan atau sedang melancong Di Yogyakarta, bahkan untuk para perantau yang baru dan belum tau tentang apa yang ada Di Yogyakarta..

    Suka

  2. Biar kata tersesat juga ga bakal ada ruginya ko, karena di setiap sudut jogja selalu memberikan keindahan yang ga pernah ada habisnya!
    #jogja_istimewa

    Suka

  3. Wah… pengetahuan/info baru tuch,kalo nggx di kasih tahu aku nyangkain nya bangjo tuch nama orang,bang parjo gitu cuma di singkat gtu hehehe…
    Makasih teman info nya,kedengeran nya sepele tapi padahal bagus banget buat orang-orang kaya aku kalo mau maen trus tersesat karna nggx bisa ngomong jawa jd bangjo bs di jadiin patokan buat nanya hehehe

    Suka

Tinggalkan komentar